Minggu, 09 Desember 2012

PENDAHULUAN
Plastik adalah material yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi dan industri membuat aktivitas produksi plastik terus meningkat. Hampir semua produk menggunakan plastik baik sebagai kemasan atau bahan dasar. Material plastik banyak digunakan  karena memiliki kelebihan dalam sifatnya yang ringan, transparan, tahan air, serta harganya relatif murah dan terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Segala keunggulan ini membuat plastik digemari dan banyak digunakan dalam hampir setiap aspek kehidupan manusia. Akibatnya,
jumlah produksi plastik yang akan menjadi sampah pun terus bertambah.
Menurut Jean-Francois Nobelt (2005 : 4 - 7), Negara-negara berkembang berusaha meningkatkan taraf hidupnya dengan tingkat konsumsi yang tinggi, sehingga mereka membuang banyak sampah. Misalnya saja di Indonesia, sampah yang terbuang setiap harinya saja sekitar 11.330 ton. Padahal di negara-negara maju seperti Afrika, seorang Afrika hanya menghasilkan 17 kg sampah rumah tangga setiap tahunnya. Sampah yang begitu banyak membuat dunia kita menjadi rusak dan kemudian terjadi penyakit dimana-mana. Seperti pada Abad Pertengahan,
sampah dibuang ke jalan dan sungai sehingga menimbulkan bau tidak sedap dan meningkatkan resiko penularan penyakit, seperti pes. Tentunya kita tidak ingin hal itu terjadi lagi bukan?
Kurangnya kesadaran akan limbah dan tingkat konsumsi masyarakat serta aktivitas lainnya yang semakin bertambah mengakibatkan sampah terus menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sampah yang umum ditemukan di TPA antara lain botol minuman, deterjen, dan kantong plastik. Sampah-sampah yang kurang menarik tersebut membuat kita enggan melihat bahkan meliriknya. Padahal jika kita mau berusaha sedikit, sampah-sampah tersebut dapat menjadi peluang usaha. Bahkan jika kita mau mengolahnya dengan benar, usaha ini dapat menjadi sumber daya.
Akibat begitu banyaknya sampah di lingkungan, kita jadi bertanya-tanya. Bagaimanakah cara untuk mengurangi sampah? Apakah ada persyaratan agar sampah dapat diproses? Apa yang dapat kita olah dari sampah? Bagaiman cara mengolah sampah tersebut? Dan, bagaimana cara mengelola usaha tersebut  agar sukses? Maka, disini akan dipaparkan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Begitu juga dengan tip dan trik agar usaha daur ulang sampah plastik dapat terus berkembang dan sukses.

PEMBAHASAN
A.   Sampah Plastik
Limbah/sampah adalah sisa/buangan hasil aktivitas manusia/makhluk hidup atau aktivitas alam yang dapat mengganggu keseimbangan alam jika jumlahnya melebihi ambang batas. Aktivitas manusia tersebut antara lain kegiatan pabrik, kegiatan rumah tangga, dan pembakaran. Sedangkan aktivitas alam berupa bencana alam, misalnya gunung meletus, banjir, dan tanah longsor (Haryanti, 2011: 1). Limbah tersebut memiliki komponen yang beragam dari yang organik sampai yang nonorganik, yang dapat didaur ulang sampai yang tidak dapat didaur ulang. Salah satu komponen limbah yang dapat didaur ulang dan yang sering kita jumpai adalah plastik.
Menurut Gugun Gunawan (2007: 17 - 18) plastik mewakili ribuan bahan yang berbeda sifat fisik, mekanik, dan kimianya. Secara garis besar plastik dapat digolongkan menjadi dua kelompok besar, yakni plastik yang bersifat thermoplastic dan bersifat thermoset. Thermoplsatic dapat dibentuk kembali dengan mudah dan diproses menjadi bentuk lain, sedangkan jenis thermoset bila telah dipakai tidak dapat digunakan kembali. Plastik yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah dalam bentuk thermoplastic. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan plastik terus meningkat. Sebagai konsekuensinya, peningkatan sampah plastik pun tidak terelakkan. Di Jabotabek, rata-rata setiap pabrik menghasilkan satu ton sampah plastik setiap minggunya. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena sifat-sifat yang dimiliki plastik, antara lain tidak dapat membusuk, tidak terurai secara alami, tidak dapat menyerap air, dan tidak dapat berkarat sehingga pada akhirnya menjadi masalah bagi lingkungan.
Hampir seluruh jenis sampah plastik (80%) dapat diproses kembali menjadi barang semula. Ada juga beberapa jenis sampah plastik yang harus dicampur terlebih dahulu dengan bahan baku baru untuk meningkatkan kualitasnya. Tiga jenis sampah plastik yang populer dan laku di pasaran, yaitu:
1.    Polietilena (PE)
Polietilena adalah bahan plastik yang tahan air, asam, alkali, dan hampir semua jenis cairan. Contohnya: plastik pembungkus produk makanan, jus dan minuman, tirai plastik (biasa digunakan sebagai tirai pada shower), botol antipecah, pipa, ember, gelas, dan penyekat kawat atau kabel.
2.    High Density Polyethylene (HDPE)
Plastik jenis ini juga resisten terhadap berbagai zat cair. Contohnya: melamin (piring dan gelas melamin), kemasan deterjen, kemasan susu dari karton, tangki bahan bakar kendaraan, kantong plastik, temapt makan plastik, dan pipa air.
3.    Polipropilenia (PP)
Polipropilenia adalah produk-produk yang terbuat dari fiber glass.

Prinsip-prinsip yang bisa diterapkan dalam pengolahan sampah plastik menurut Gugun Gunawan (2007: 4 - 5) dikenal dengan nama 4R, yaitu:
1.    Reduce (Mengurangi)
Mengurangi maksudnya sebisa mungkin meminimalisasi barang atau material yang kita pergunakan. Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan. Misalnya, kita selalu menggunakan kantong plastik saat berbelanja. Jika dalam satu minggu kita berbelanja sebanyak tiga kali, maka dalam sebulan kita akan menghasilkan sampah berupa kantong plastik sebanyak 12 buah. Tumpukan sampah kantong plastik akan terus bertambah jika kita tidak segera mengurangi penggunaannya, atau bahkan menggantinya dengan kantong belanjaan yang ramah lingkungan, seperti kantong anyaman dari daun pandan.
2.    Reuse (Menggunakan kembali)
Sebisa mungkin kita memilih barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai, buang). Hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebellum barang tersebut menjadi sampah. Misalnya: menggunakan botol plastik (produk minyak goreng atau sabun) yang bisa diisi ulang. Dengan demikian, setidaknya kita tidak akan menghasilkan sampah botol plastik selama beberapa lama.
3.    Recycle (Mendaur ulang)
Sebisa mungkin barang-barang yang sudah tidak berguna didaur ulang lagi. Tidak semua barang bisa didaur ulang, tetapi saat ini sudah banyak industri informal dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain. Di antara industri-industri ini ada yang mengubah sampah plastik menjadi berbagai suvenir, sampah kertas menjadi lukisan dan mainan miniatur, atau sampah alumunium foil menjadi tas dan dompet.
4.    Replace (Mengganti)
Mengganti maksudnya teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang-barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan. Misalnya, ganti kantong plastik kita dengan keranjang saat berbelanja, dan jangan pergunakan styrofoam karena kedua bahan ini tidak bisa didegradasi secara alami. Kita bisa menggunakan tas anyaman dari daun pandan atau bambu sebagai pengganti kantong plastik dan menggunakan daun pisang untuk membungkus makanan kita.

Secara umum, terdapat empat (4) persyaratan agar sampah plastik dapat diproses oleh sebuah industri, antara lain: (Gugun Gunawan, 2007: 20)
  1. Sampah plastik harus berbentuk tertentu, sesuai kebutuhan (biji, pellet, serbuk, atau pecahan). Misalnya industri yang memproduksi alat-alat tulis hanya membutuhkan biji plastik. Sementara untuk pellet, serbuk atau pecahan dibutuhkan oleh industri-industri yang membutuhkan kemasan plastik dan memproduksi barang-barang dari plastik, seperti industri mainan anak-anak, 
  2. Harus homogen. Artinya, sampah plastik tersebut sudah dikelompok-kelompokkan dan tidak lagi tercampur dengan jenis sampah lain,
  3. Tidak terkontaminasi oleh zat-zat kimia yang dapat menurunkan kualitas produk yang dihasilkan, dan 
  4. Diupayakan tidak teroksidasi. Artinya, sampah plastik tersebut masih dalam keadaan layak produksi dan tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya.

B.   Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Biji Plastik
Pemanfaatan sampah plastic (Gugun Gunawan, 2007: 20-21) dengan cara mengolahnya kembali merupakan upaya untuk menekan pembuangan plastik seminimal mungkin. Pemanfaatan sampah plastik dapat dilakukan dengan pemakaian kembali (reuse) maupun daur ulang (recycle). Di Indonesia pemanfaatan sampah plastik dalam skala rumah tangga umumnya adalah pemakaian kembali (reuse) untuk keperluan yang berbeda, misalnya kaleng atau wadah bekas cat yang terbuat dari plastik digunakan untuk pot dan ember. Namun, hal itu tidak dapat menyelesaikan masalah volume sampah plastik yang semakin bertambah. Proses daur ulang tampaknya sudah menjadi harga mati untuk menanggulangi krisis sampah plastik ini.
Sebelum membahas proses daur ulang plastik secara lebih mendalam, akan lebih baik jika kita mengetahui tahapan-tahapan pendaurulangan sampah plastik menjadi biji plastik/bahan baku setengah jadi, yaitu:
1.    Pemisahan: sampah plastik harus dipisahkan dari material sampah lainnya, misalnya memisahkannya dari material sampah organik atau keras.
2.    Pemotongan: sampah plastik yang sudah dipisahkan kemudian dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan. Jika akan diolah menjadi biji plastik, sampah plastik ini harus dipotong kecil-kecil untuk mempermudah proses pengolahannya.
3.    Pencucian; sampah plastik yang suadah menjdi potongan-potongan ini harus dicuci untuk membersihkannya dari zat-zat tertentu yang tidak dibutuhkan atau dapat mengganggu proses pengolahan. Contoh zat tersebut adalah besi
4.    Penggilingan; setelah dicuci, sampah plastik kemudian digiling agar menjadi biji plastik. Tanda bahwa biji plastik yang dihasilkan melalui penggilingan memiliki kualitas bagus adalah dari mengapung tidaknya biji plastik tersebut di atas air.
5.    Biji plastik yang telah diolah inilah yang akan dikirim ke pabrik pengolahan produk-produk daur ulang.
Berikut ini adalah jenis-jenis biji plastik dan harga jualnya:
Jenis Biji plastik
Harga (Rp/kg)
Biji plastik Hd (Ex Injection)
7.000
Biji plastik Abs
10.000
Biji plastik Pet
5.500
Biji plastik Pp Cokelat
8.000
Biji plastik Pp putih
12.000
Biji plastik Pp hitam, merah, biru
6.000
B plastik Pp resin
7.000

C.   Pengolahan Usaha Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Bahan Baku Jadi (Biji Plastik)
1.      Modal
Modal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha daur ulang sampah plastik sangat bervariasi, yaitu antara Rp 5.000.000,- sampai dengan Rp 10.000.000,-. Modal awal tersebut digunakan untuk membeli mesin cetak eharga Rp 3.000.000,-, sampah plastik (bahan baku 2 kwintal) Rp 2.000.000,- dan sewa tempat usaha Rp 5.000.000,- untuk satu tahun.
2.      Pembiayaan
Dengan modal Rp 2.000.000 sampai Rp 5.000.000, kita bisa menyewa tempat yang cukup representative untuk tempat usaha kita. Sisa modal usaha, kita gunakan untuk membeli sampah plastik dari pemulung dan untuk upah pekerja kita. Sementara dengan  modal Rp 15.000.000 – Rp 25.000.000,- di tangan, kita bisa membayar upah lebih banyak pegawai dan membeli lebih banyak sampah plastik dari pemulung. Modal besar akan mempermudah kita untuk mengembangkan usaha, bukan hanya sebagai pengepul atau pemasok biji plastik, tetapi juga sebagai produsen barang-barang hasil daur ulang sampah plastik.
Keterangan
Nilai (Rp)
A.     Biaya Tetap
Sewa tempat usaha Rp 5.000.000 : 12 =
Depresiasi peralatan Rp 3.000.000 : 12 =

420.000
250.000
B.     Biaya Variabel
Gaji pegawai (Rp 40.000 x 4 orang x 30 hari)
Biaya listrik
Biaya telepon

4.800.000
150.000
300.000
C.    Pembelian bahan baku (2 kwintal)

2.000.0000
Biaya total
7.920.000

Jika kita bisa mengoptimalkan usaha pengolahan sampah plastik hingga mencapai minimal 10 ton biji plastik per bulan dengan harga Rp 5.000,- per kilogram maka omset yang akan kita peroleh bisa mencapai Rp 50.000.000,- dari omset tersebut, kita akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 42.080.000,-. Dengan keuntungan per bulan mencapai angka puluhan juta, dalam satu bulan kita sudah bisa balik modal.
3.      Tenaga Kerja
Pengolahan sampah plastik menjadi biji plastik tidak memerlukan banyak tenaga kerja, 4 – 5 orang pekerja sudah lebih dari cukup. Para pekerja tersebut bertugas untuk menyortir sampah plastik, membersihkan, menggiling, dan mencetaknya dengan mesin cetak. Agar usaha pengolahan biji plastik kita berjalan lancar, kita harus tetap menjaga hubungan baik dengan para pemulung. Mereka adalah pemasok utama bahan baku usaha kita. Semakin banyak pemulung yang menjual sampah plastiknya kepada kita, semakin baik usaha pengolahan biji plastik yang kita dirikan. Apalagi usaha pengolahan sampah plastik membutuhkan jenis sampah plastik tertentu yang harus dipilah dari ribuah ton sampah. Kita membayar para pemulung berdasarkan jumlah sampah plastik yang berhasil mereka kumpulkan dan sortir.
Harga beli sampah plastik dari pemulung:
Jenis Biji plastik
Harga (Rp/kg)
Plastk bekas air mineral
3.000
Pipa pralon
5.000
Sampah plastik lain
2.000 – 2.500

a.      Penyaluran / distribusi
Untuk biji plastik, kita bisa menyalurkannya ke pabrik-pabrik yang memang membutuhkan biji plastik sebagai bahan baku, seperti pabrik yang memproduksi alat tulis atau pabrik-pabrik yang menghasilkan produk-produk daur ulang. Dalam hal ini, jaringan usaha yang luas sangat diperlukan karena tanpa jaringan akan sulit bagi kita untuk memasarkan produk kita. Sebagai permulaan, kita bisa meminta bantuan koperasi UKM atau kementrian industri dan kementrian Lingkungan Hidup untuk memberi akses ke perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk-produk dari plastik.

D.   Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Produk Jadi (Souvenir)
Ketika mengunjungi resepsi pernikahan teman atau saudara, biasanya kita akan mendapatkan souvenir yang menarik dari acara resepsi tersebut. Souvenir itu ada yang berbentuk gantungan kunci, bingkai kaca kecil, pembuka botol ukuran kecil, dan tempat tusuk gigi. Mungkin kita pernah bertanya-tanya, bagaimana cara membuat souvenir tersebut? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya jika kita membaca kisah Didit Purwono berikut ini. Pada pertengahan tahun 1998, Didit memutuskan untuk mendirikan usaha daur ulang sampah plastik menjadi souvenir. Sebagai investasi awal, ia mengeluarkan dana sebesar Rp 5.000.000,- Dengan uang tersebut, ia membeli mesin cetak secong Rp 3.000.000,- dan sisanya ia gunakan untuk bahan baku berupa sampah plastik. Didit memutuskan untuk memfokuskan usahanya pada produksi souvenir pernikahan karena menurutnya, souvenir pernikahan memiliki daya jula yang cukup tinggi dan sudah memiliki segmen pasar tersendiri.
Awalnya, Didit menjalankan usaha daur ulangnya ini di Surabaya. Namun, pada tahun 2000 ia memindahkan produksinya ke Jakarta. Pemindahan tempat usaha ini sangat membantu perkembangan usahanya karena akan lebih mudah memasarkan produk di Jakarta di banding di Surabaya. Untuk menghasilkan produk-produk souvenir pernikahan, ia membutuhkan 4 kwintak bahan baku plastik per bulan. Dari bahan baku tersebut, ia bisa memproduksi ratusan souvenir pernikahan dalam berbagai bentuk. Saat ini omset usahanya bisa mencapai Rp 20.000.000,- per bulan. Dan agar, produk-produknya semakin dikenal orang, ia pun kemudian membuka kios di Pusat Grosir Cililitan dan workshop di Surabaya dan Jakarta.
Contoh souvenir pernikahan dari  sampah plastik:
o    Kaca hias bermotif bunga
o    Bingkai foto kecil
o    Kaca hias bermotif gambar pengantin
o    Berbagai souvenir pernikahan yang sedang dipajang
o    Cermin kecil
o    Gantungan kunci
1.      Bahan Baku
Sampah plastik yang dibutuhkan dalam produksi souvenir pernikahan adalah gelas plastik air mineral dan ember bekas. Biasanya, bahan baku tersebut bisa kita peroleh dari pengepul sampah plastik atau produsen biji plastik yang sudah memiliki mesin penghancur plastik. harga bahan baku plastik yang sudah dihancurkan adalah Rp 3.000,- per kilogram. Untuk satu kali produksi, minimal dibutuhkan 50 kg bahan baku, dengan harga satuan Rp 3.000 /kg.
2.      Peralatan
Berikut ini peralatan yang dibutuhkan dalam proses produksi :
·      Tong kapasita 100 liter, tong ini digunakan untuk menampung bahan baku plastik yang sudah dihancurkan dalam proses pemanasan/pelelehan.
·      Kompor semawar; untuk proses pemanasan/pelelehan bahan baku, kita harus menggunakan kompor semawar. Selain dapat menghasilkan panas dan maksimal, kompor ini juga memiliki suhu panas yang tetap stabil.
·      Dua batang besi ukuran 4 m yang berfungsi sebagai tuas pengungkit. Kita mempergunakan besi tersebut saat menuangkan cairan bahan baku ke mesin cetak.
·      Matras; agar produk yang dihasilkan bagu (detail-detail dari reliefnya jelas), setiap produk yang telah dicetak harus di­-press dengan menggunakan matras.
·      Gergaji; alat ini digunakan untuk merapikan produk agar sesuai dengan bentuknya. Jika masih terdapat produk yang bentuknya belum sesuai dengan pola, kita harus memotongnya dengan menggunakan gergaji kecil.
·      Mesin amplas; pada saat pengamplasan akan lebih cepat dan efisien jika kita menggunakan msin. Mesin amplas ini dapat dibeli di toko-toko yang menjual peralatan pertukangan elektrik. Mesin amplas ini masih menggunakan amplas sebagai media pengamplasan.
·      Alat pendingin/kipas angin untuk menjaga kondisi suhu pada tungku/tong dan alat press agar tetap stabil.
·      Alat semprot; pet atau yang lebih dikenal dengan nama kepala semprot ini berbentuk seperti pistol dengan tabung di atasnya. Alat ini berfungsi untuk menyimpan cat atau pernis yang akan disemprotkan di seluruh permukaan produk souvenir.
·      Kompresor listrik: kompresor yang berkekuatan kira-kira 0,5 PK ini cukup untuk menyemprotkan cat dan pernis ke seluruh permukaan benda, seperti gantungan kunci atau bingkai kaca. Kita dapat menghemat biaya pembelian jika membeli kompresor berbahan bakar bensin.

Berikut ini adalah daftar harga dari alat-alat tersebut:
Keterangan
Harga (Rp)
Gergaji manual
50.000
Mesin amplas
300.000
Alat press matras
5.000.000
Alat semprot
200.000
Kompresor listrik
75.000
Alat pendingin
300.000
Total Biaya
5.925.000

3.      Tahap-tahap pengerjaan
a.    Bahan baku plastik yang sudah dibeli dimasukkan ke dalam tong besar. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses produksi, dan agar bahan baku tidak tercecer.
b.    Setelah proses pengumpulan bahan baku selesai, dimulailah langkah pemanasan. Langkah ini dilakukan dengan memanaskan bahan baku hingga mencair agar proses pencetakan lebih mudah
c.    Setelah pemanasan, kemudian dilakukan proses pencetakan bahan baku yang telah menjadi cairan kental dimasukkan ke dalam tuas pengungkit/ mesin genjot. Hal ini dilakukan untuk membuat souvenir sesuai pola yang diinginkan.
d.    Langkah selanjutnya adalah proses pengepresan dengan alat press matras. Pengepresan dilakukan agar kita bisa mendapatkan hasil produk yang berkualitas, baik dari segi bentuk maupun ukuran.
e.    Proses berikutnya adalah pemotongan. Dalam proses ini, produk dirapikan dengan memotong bagian-bagian tepinya
f.     Setelah dilakukan pemotongan, langkah selanjutnya adalah proses pengamplasan. Proses ini dilakukan agar setiap produk yang akan dicat sudah halus dan relief/ detail-detail kecilnya lebih terlihat.
g.    Langkah berikutnya adalah pengecatan. Langkah pengecatan menggunakan mesin ini dilakukan dengan kecermatan yang cukup tinggi karena pengecatan yang ceroboh akan meninggalkan jejak penumpukan cat di permukaan produk yang dibuat. Proses ini sebaiknya dilakukan pada saat hari sedang cerah karena akan mempercepat proses pengeringan dan memasuki langkah pemernisan. Untuk proses pengecatan ini diperlukan ketelitian, khususnya untuk pengecatan produk yang memiliki lebih dari dua warna.
h.    Langkah terakhir adalah pemernisan. Langkah inilah yang menjadikan produk terlihat menarik. Proses pemernisan menjadikan warna yang masih kusam menjadi mengkilap. Proses ini sebaiknya dilakukan saat hari cerah agar produk yang sudah disemprot pernis mudah kering. Dan akhirnya produk siap untuk dibungkus/ dipak sebelum dipasarkan.
4.      Kapasitas produksi
Kapasitas produksi dalam sehari bisa mencapai 10.000 buah souvenir. Biaya produksi persatuan Rp 175,- dengan harga jual Rp 250,-; itu untuk bentuk yang biasa. Kapasitas produksi untuk satu bulan bisa mencapai 300.000 buah souvenir dengan berbagai macam item. Asumsi omset 300.000 buah produk x harga jual Rp 250 = Rp 75.000.000,- per bulan, adapun produk yang dihasilkan yaitu gantungan kunci, bingkai kaca, bukaan botol, dan tempat tusuk gigi.

E.   Pengolahan Usaha Daur Ulang Plastik Menjadi Suvenir
1    Modal
Modal awal dari usaha ini adalah Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000, Dana tersebut digunakan untuk sewa tempat usaha, pembelian alat dan perlengkapan, serta bahan baku. Berikut ini adalah estimasi dana yang harus kita keluarkan ketika pertama kali mendirikan usaha ini.

Keterangan
Nilai (Rp)
Sewa tempat usaha untuk satu tahun
5.000.000
Pembelian

-       Gergaji manual 4 buah @ Rp 50.000
200.000
-       Mesin amplas
300.000
-       Alat press matras
5.000.000
-       Alat semprot
75.000
-       Kompresor listrik
950.000
-       Alat pendingin
300.000
Pembelian perlengkapan

-       Thinner
7.000
-       Cat
20.000
-       Pernis
25.000
-       Amplas
10.000
Pembelian bahan baku 100 kg (Rp 2.500 per kg)
250.000
Total Biaya
12.137.000

2    Pembiayaan
Dalam sebulan, kita harus menyipkan dana rutin agar usaha daur ulang plastik yang kita dirikan dapat terus berjalan. Yang termasuk ke dalam dana/ biaya rutin tersebut adalah biaya sewa tempat usaha, depresiasi peralatan, pembelian perlengkapan, biaya listrik dan telepon, usaha pekerja, dan pembelian bahan baku. Berikut ini adalah perkiraan estimasi dana yang harus dikeluarkan per bulan:
Keterangan
Nilai (Rp)
Biaya tetap

Sewa tempat usaha Rp 5.000.000 : 12 =
420.000
Depresiasi

-  Gergaji manual 4 x @Rp 50.000 = Rp 200.000: 12 bulan=
250.000
-  Mesin amplas Rp 300.000: 24 bulan =
13.000
-  Alat press matras Rp 5.000.000: 24 bulan =
209.000
-  Alat semprot Rp 75.000 : 12 bulan =
5.000
-  Kompresor listrik Rp 950.000: 24 bulan =
40000
-  Alat pendingin Rp 300.000: 24 bulan =
12.500
Biaya variabel

Biaya listrik
1.500.000
Biaya telepon
300.000
Biaya pekerja (12 orang)
9.000.000
Beli perlengkapan 

-  Thiner 50 liter (50 x Rp 7.000)
350.000
-  Cat 50 kilogram (50 x Rp 20.000)
1.000.000
-  Pernis 50 liter (50 x Rp 25.000)
1.250.000
-  Amplas 60 meter (60 x Rp 10.000)
600.000
Biaya bahan baku (4 kwintal)
4.000.000
Total biaya
18.951.000

Jika dalam sebulan kita bisa memproduksi 300.000 item souvenir pernikahan dalam berbagai bentuk dengan harga rata-rata Rp 250 per buah maka kita akan mendapatkan pemasukan Rp 75.000.000,-. Setelah dikurangi biaya rutin, kita akan mendapatkan keuntungan bersih Rp 56.049.000,-. Dengan modal awal yang tidak lebih dari Rp 15.000.000, kita sudah bisa balik modal dalam rangka waktu satu bulan.


3    Tenaga Kerja
Produksi souvenir berbahan baku plastik membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak. Minimal kita harus mempekerjakan 12 orang. Sepuluh orang bertugas di bagian produksi (pencetakan, pengecatan, dan pembungkusan) dan dua orang di bagian pemasaran (penjaga workshop). Kita tidak harus mempekerjakan tenaga kerja terampil karena tata cara pembuatan souvenir ini mudah untuk dipelajari dan tidak terlalu rumit.
4    Tempat Produksi
Untuk tempat produksi, kita bisa menyewa tempat dengan ukuran minimal 2 x 3 meter. Di tempat produksi ini kita dapat menyimpan dua mesin pencetak. Atau, agar biaya produksi lebih murah, kita bisa memanfaatkan ruangan kosong di rumah, baik itu halaman belakang, garasi, gudang, maupun tempat kosong lainnya.
5    Penyaluran / Distribusi
Kita bisa menyalurkan produk-produk kita dengan menitipkannya ke toko, minimarket, atau supermarket. Agar bisa menjual produk di sana, kita harus mengajukan penawaran terlebih dahulu. Namun, akan lebih baik jika kita mempunyai jaringan langsung dengan orang-orang pemasaran di toko, minimarket, atau supermarket tersebut. Selain menitipkannya, kita juga bisa menjual produk-produk tersebut langsung di workshop kita. Satu hal yang sangat berpengaruh terhadap proses pemasaran adalah promosi. Ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan untuk promosi, misalnya kita bisa berpromosi melalui media cetak atau media internet. Dalam hal penjualan souvenir ini, pada umumnya promosi dilakukan melalui cara door-to-door, yaitu dengan mendatangi agen-agen souvenir maupun melalui kerja sama dengan wedding planner dalam hal pengadaan souvenir pernikahan. Kita juga bisa membuka outlet di pusat pembelanjaan yang strategis dengan biaya sewa skitar 2-3 juta per bulan. Dengan omset penjualan yang besar, biaya sewa tentu dapat kita atasi.

PENUTUP
            Pengelolaan sampah plastik perlu dilakukan untuk menangani permasalahan sampah secara menyeluruh. Alternatif-alternatif yang dapat kita lakukan berkaitan dengan pengelolaan sampah adalah sebagai berikut:
a.    Reduce (mengurangi)
b.    Reuse (menggunakan kembali)
c.    Recycle (mendaur ulang)
d.    Replace (mengganti)
            Alternatif-alternatif reduce dan reuse tidak selamanya dapat bertahan karena pada saatnya nanti hasil dari tindakan reduce dan reuse adalah sampah plastik tersebut dibuang. Maka sebagai alternatif akhirnya sampah plastik tersebut harus didaur ulang. Proses pendaurulangan sampah plastik dapat dilakukan sebagai berikut:
a.    Memisahkan material sampah plastik dengan material sampah lainnya,
b.    Sampah plastik dipotong-potong agar mudah dalam proses pengolahannya,
c.    Potongan-potongan sampah plastik dicuci, dan
d.    Setelah dicuci, sampah-sampah plastik digiling agar menjadi biji plastik.
Biji plastik yang telah kita proses dapat dijadikan usaha daur ulang sampah plastik baik berupa bahan baku setengah jadi (biji plastik) maupun suvenir. Pengelolaan usaha daur ulang sampah plastik harus terencana baik dalam modal, pembiayaan, tenaga kerja, tempat produksi, dan cara menyalurkan/mendistribusikan produk daur ulang. Berikut tip dan trik yang bisa kita praktikkan agar usaha daur ulang sampah plastik dapat terus berkembang dan menjadi semakin besar (Gugun Gunawan, 2007: 34):
1.      Pastikan modal kita cukup, baik untuk investasi awal maupun modal kerja.
2.      Pahami, apakah usaha yang cocok untuk kita, sesuai dengan minat dan lokasi usaha.
3.      Kita harus memperhatikan standar sampah plastik yang akan didaur ulang; sampah tersebut haruslah tidak terkontaminasi dan teroksidasi zat lain.
4.      Kita tidak perlu modal besar untuk memulai usaha ini. Ketika tempat sudah ada, modal bisa diatasi dengan mencari investor, walaupun itu masih dalam skala kecil.
5.      Menjalin hubungan dengan industri yang bergerak dalam usaha daur ulang sampah.
6.      Kita harus bisa melihat peluang pasar yang ada. Dan itu berkaitan dengan kebutuhan industri besar terhadap bahan baku daur ulang plastic.
7.      Kita juga harus memperhatikan standar harga; ketika menjual produk, apalagi untuk kebutuhan industri, harga harus disesuaikan.
8.      Menjalin kerjasama dengan pedagang dan pemulung untuk memenuhi pasokan bahan baku
9.      Untuk gudang, usahakan yang jauh dari permukiman penduduk karena sebagian dari sampah tersebut dapat menimbulkan bau tak sedap
10.   Terakhir, optimis, disiplin, dan kerja keras tentunya.

DAFTAR PUSTAKA
Nobelt, Jean-Francois. 2005. Sampah. Jakarta: Erlangga.
Haryanti. 2007. IPA SMK. Pengasih: SMKN 1 Pengasih.
Gunawan, Gugun. 2007. Mengolah Sampah Jadi Uang. Jakarta: TransMedia.

81 komentar:

  1. Keren, Ijin copast ya.. Makasih... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, tapi jangan lupa cantumkan sumbernya ^^

      Hapus
    2. mbak umi msin daur ulang 3jt bs dPt d beli dmna ? mhn infoy mmksh
      mitraku1981@gmail.com/087812829603

      Hapus
    3. Mohon ijin Informasi Mbak Umi.
      Mbak Umi, mohon untuk diskusinya melalui email
      email saya : ranuh8890@gmail.com

      Terimakasih Mbak Umi.
      Sangat dimohon untuk diskusinya
      Terimakasih

      Hapus
    4. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      Hapus
  2. sangat bermanfaat terimakasih

    BalasHapus
  3. Umi, saya bisa minta tolong untuk di training masalah pengolahan sampah ini?
    karena saya mau mencoba untuk belajar pengolahan sampah untuk berwirausaha.
    Mohon untuk email ke: faisal_rakhman17@yahoo.com
    Terimakasih Um.

    BalasHapus
  4. Umi, mohon info dimana saya bisa mendapatkan pelatihan untuk pengolahan limbah plasik menjadi biji plastik. Mohon untuk Email Ke : arsaagungmandiri@gmail.com.
    Thanks.

    BalasHapus
  5. Mba Umi Badriyah , bisa ga komunitas sy ikut belajar lalu bisa bermitra. Terimakasih cp abdul aziz 087828780389

    BalasHapus
  6. Atau ke alamat email: gubugsungkrah@gmail.com

    BalasHapus
  7. Mba Umi Badriyah, setelah melihat blog mba umi saya tertarik untuk berwirausaha ini, apakah ada pelatihan / training masalah pengolahan limbah plastik menjadi biji plastik ? Mohon infonya bisa di email ke : wirap.85@gmail.com, terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
      SELURUH INDONESIA
      DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
      CASH / TUNAI

      DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

      SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

      0812 9598 1587

      galeripojokplastik.blogspot.co.id

      Hapus
  8. Mbak umi saya sangat tertarik tentang pengolahan limbah plastik, mohon infonya mengenai mesin dan training mengenai pegolahan tsb. Mohon infonya ke email : ibrahim.goeswi@gmail.com, terima kasih.

    BalasHapus
  9. Selamat pagi Mba Umi,saya tertarik dengan informasi yang mba buat di blog mba umi,dan saya pingn belajar lebih lanjut terkait dengan training,pengambilan mesin,mitra kerja dan informasi yang lainnya,apabila di perkenankan mungkin saya dapat di informasikan melalui email saya herotirta07@yahoo.com,terima kasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
      SELURUH INDONESIA
      DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
      CASH / TUNAI

      DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

      SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

      0812 9598 1587

      galeripojokplastik.blogspot.co.id

      Hapus
  10. mbak umi...menurut saya ide ini masih bisa dikembangkangkan untuk peningkatan sektor lain..mohon alamatnya mbak atau info yang bisa dihubungi. di email ke chalink.koe@gmail.com..makasih



    BalasHapus
  11. mba mesin cetak yang 3jt tadi belinya dimana ya? mesin ini bisa digunakan utk cacahan/rajangan jenis plastik kresek nggak? mohon infonya segera di email ini : komalaimas67@gmail.com

    BalasHapus
  12. Mbak umi saya mohon info tempat pemblian mesin pembuat biji plastiknya terimakasih

    BalasHapus
  13. bu umi, saya mahasiswa tingkat akhir. ingin mengembangkan masalah mesin daur ulang sampah. apa bisa konsultasi? wahana.angga93@yahoo.com

    BalasHapus
  14. Bu Umi mohon infonya dimana bisa beli mesin pengolahan biji plastik tersebut, dan mohon info tentang yempat training nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
      SELURUH INDONESIA
      DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
      CASH / TUNAI

      DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

      SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

      0812 9598 1587

      galeripojokplastik.blogspot.co.id

      Hapus
  15. bu umi saya mhon bantuannya untuk di pandu,,,trus mesin nya seperti apa,,,klo bleh tau,,ada ga bwat trainingnya,,alnya saya minat sekali usaha ini,, yanspurnama23@gmail.com mhon infonya untuk konsultasi,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
      SELURUH INDONESIA
      DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
      CASH / TUNAI

      DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

      SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

      0812 9598 1587

      galeripojokplastik.blogspot.co.id

      Hapus
  16. ataw ke no hp 085322589185,,,,saya mhon bantuannya bu,,,

    BalasHapus
  17. maaf bu umi dapat mesin nya klo boleh tau dri mna ya,,,mhon infonya,,,

    BalasHapus
  18. Terima berbagai mcam jenis plastik logam dan besi . . .
    lokasi purwakarta.
    081909416890

    Di harapkan kontinue
    sebnyak2nya.

    BalasHapus
  19. DOGI HANDYCRAFT TEKNIK & WASTE MANAGEMENT

    Kami BELI Barang bekas anda dengan harga kompetitif :

    1. JERIGEN PUTIH BEKAS MINYAK GORENG SEGALA MERK 18 KG YANG BOCOR, BOLONG, DAN SUDAH TIDAK TERPAKAI
    HARGA RP. 4000 / BUAH.

    2. KAMPAS REM MOBIL DISC BRAKE / DRUM BRAKE ( TEROMOL ) SEGALA KONDISI
    KAMPAS REM DEPAN BEKAS HARGA RP. 2500 / PASANG.
    KAMPAS REM BELAKANG TEROMOLBEKAS HARGA RP.4000 / PASANG.

    3. KAMPAS REM BEKAS MOTOR TEROMOL
    YAMAHA MIO SEGALA KONDISI HARGA RP. 5000 / PASANG.
    BEBEK HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, PIAGGIO, YAMAHA, MOTOR CINA SEGALA KONDISI HARGA RP. 2500 / PASANG.
    RX-KING SERIES, NINJA SERIES, MEGA PRO SERIES, TIGER SERIES SEGALA KONDISI HARGA RP. 3000 / PASANG.

    4. BOTOL OLI BEKAS MOTOR / MOBIL SEGALA KONDISI RP. 150 / BUAH.
    JUMLAH LEBIH DARI 1000 BUAH HARGA RP. CALL PLEASE...

    5. BOTOL INFUS BEKAS UTUH YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI DAN DI IJINKAN OLEH PIHAK RUMAH SAKIT RP.5500 / KG.

    6. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, YAMAHA, MOTOR CINA SEGALA KONDISI HARGA RP. 6000 / SET ( TIDAK POTONGAN ).

    7. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS MOGE / HARLEY DAVIDSON
    HARGA RP. 10000 / SET. JUMLAH LEBIH DARI 20 SET HARGA RP. CALL PLEASE...

    8. MINYAK GORENG BEKAS / JELANTAH SISA WARUNG, RUMAH MAKAN, KAFE, RESTAURANT, HOTEL, CATERING, PABRIK MAKANAN
    SUDAH DISARING + BERSIH DARI SISA GORENGAN + MURNI TIDAK DICAMPUR
    HARGA MINYAK SEGALA KONDISI, TANPA SYARAT BEGINI – BEGITU :
    HARGA RP. 3500 / KG
    HARGA RP. 65000 / 1 JERIGEN FULL 18 KG.
    JUMLAH 2 TON – TAK TERHINGGA, BARANG JELAS ADA, ALAMAT JELAS DIBERITAHU, TIDAK MAIN-MAIN HARGA RP. CALL PLEASE... ( SAMPLE HARAP KIRIM KE ALAMAT SAYA WALAU CUMA 500CC ).

    MINYAK GORENG BEKAS YANG KAMI BELI DARI ANDA UNTUK KONSUMSI PRIBADI DAN TIDAK UNTUK KONSUMSI UMUM.

    TIDAK AKAN KAMI BELI MINYAK BEKAS CPO ( CRUDE PALM OIL ) !!
    9. AKI MOTOR, MOBIL, GENSET, UPS, FORKLIFT, BULLDOZER TYPE APAPUN DALAM KEADAAN MATI, RUSAK, SOAK HARGA RP. 9000 / KG.

    KAMI JEMPUT BARANG ANDA & BAYAR TUNAI...
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS SELLER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

    KAMI MENJUAL BARANG DENGAN HARGA KOMPETITIF:

    1. KALENG BEKAS MINUMAN POCARI SWEAT / COCA-COLA.
    BILA SEDANG ADA STOK BISA PILIH MAU YANG UTUH / SUDAH DIPRESS.
    BILA SEDANG TIDAK ADA STOK KAMI KIRIMKAN CAMPUR / SEADANYA BARANG DI GUDANG KAMI.
    HARGA RP. 20.000 / KG.
    MINIMUM ORDER 100 KG GRATIS ONGKOS KIRIM JABODETABEK.
    PEMBAYARAN DP 50 %, SISA PEMBAYARAN DILUNASI SETELAH BARANG DIANTAR KE ALAMAT CUSTOMER.

    2. DIJUAL KALENG BEKAS MINUMAN POCARI SWEAT / COCA-COLA DENGAN KUANTITI
    1 KONTAINER 20 FEET / 40 FEET (10 TON – 25 TON ) KAMI SANGGUP MELAYANI :
    A. ANDA BUTUH BARANG TERSEBUT DALAM WAKTU BERAPA LAMA ??
    B. BARANG KAMI KIRIM DALAM BENTUK SEADANYA SESUAI YANG ADA DI GUDANG KAMI & TIDAK BISA PILIH.
    C. BERAPA DP PEMBAYARAN YANG ANDA AKAN BERIKAN ??
    D. PENAWARAN HARGA ANDA YANG AJUKAN KEPADA KAMI..

    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS BUYER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

    KETERANGAN:
    KAMI TIDAK AKAN MELAYANI CALL / SMS BAGI ANDA YANG CUMA INGIN CEK HARGA.

    MOTTO KAMI: WIN-WIN SOLUTION, ANDA JUAL BARANG KAMI BELI BARANG ANDA TUNAI.
    KAMI MENJUAL BARANG, ANDA SEPAKAT HARGA, KAMI KIRIM BARANG SESUAI ALAMAT CUSTOMER.

    HUBUNGI SEGERA
    089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
    DHONY & TEAM

    Silahkan copy paste link berikut: http://www.dogihandycrafteknik.indonetwork.co.id/profile/dogi-handycraft-teknik-waste-management.htm

    BalasHapus
  20. wah,menarik sekali mbak...bisa saya tahu jenis mesin penghancur plastiknya ap namanya dan berapa?mohon infonya mbak..email saya sulandar07@gmail.com

    BalasHapus
  21. mohon info anggipurnama240886@yahoo.co.id

    BalasHapus
  22. Salam sukses,
    Saya membutuhkan limbah plastik PET bekas air mineral dalam jumlah banyak dan kontinew, saya membuka penggilingan khusus botol air mineral / PET.
    Lokasi saya di bekasi, saya juga menjual hasil gilingan / cacahan saya, semua dari botol bekas air mineral, tdk ada campuran botol saus, kecap, larutan dan toples.
    Bp/ibu dapat datang ke gilingan dan gudang saya, atau dapat saya kirimkan sampel ke tempat bp/ibu.
    Call / sms 0856 9115 7140 sandy

    BalasHapus
  23. saya mohon infonya mengenai cara pengolahan dan dimana saya bs dapatkan mesin pengolah limbah plastik ini, syamsul.arifie83@gmail.com

    BalasHapus
  24. Jika kita bisa mengoptimalkan usaha pengolahan sampah plastik hingga mencapai minimal 10 ton biji plastik per bulan dengan harga Rp 5.000,- per kilogram maka omset yang akan kita peroleh bisa mencapai Rp 50.000.000,- dari omset tersebut, kita akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 42.080.000,-. Dengan keuntungan per bulan mencapai angka puluhan juta, dalam satu bulan kita sudah bisa balik modal.

    Bahan baku 2 kwintal tapi hasil biji plastik 10 ton. Hitungannya kacau. Harga bahan baku perkilogram 10 ribu sedangkan harga biji plastik 5 ribu. Makin kacau.

    BalasHapus
    Balasan

    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  25. Modal perbulan 7.920.000 karna bahan baku 2 kwintal atau 200 kg. Hasil pendapatan sebulan 50.000.000 itu karna biji plastik 10 ton atau 10000 kg. Bagaimana mungkin bahan baku 200 kg bisa menghasilkan biji plastik 10000 kg. Lucu. Hehe...
    harga bahan baku 2 kwintal 2000.0000 yang berarti perkilo 10.000. Sedangkan harga biji plastik 5.000 perkilo, makin aneh.

    BalasHapus
  26. Meski banyak yang janggal tapi cukup memberi pengetahuan tentang usaha ini

    BalasHapus
  27. Meski banyak yang janggal tapi cukup memberi pengetahuan tentang usaha ini

    BalasHapus
  28. mbak umi, artikelnya sangat menarik sekali saya jadi kepengen mencoba usaha pengolahan sampah plastik, mohon diberikan info mbak untuk tempat pembelian mesin,tempat pelatihannya dan suppliernya mbak, info tlong diemail ke lugitosetiawan@ymail.com, sy tunggu secepatnya mbak terima kasih banyak.

    BalasHapus
  29. Assalamu'alaikum umi,saya sangat tertarik dengan materi yg dipaparkan
    Mohon infonya kalo mau training dimn ya?
    Tolong infonya ke 085715437131
    Terimakasih

    BalasHapus
  30. Assalamu'alaikum umi,saya sangat tertarik dengan materi yg dipaparkan
    Mohon infonya kalo mau training dimn ya?
    Tolong infonya ke 085715437131
    Terimakasih

    BalasHapus
  31. Ass,umi saya sangat tertarik,minta info nya mulai usaha daur ulang plastik tks agusirmayanto@gmail.com /081809948447

    BalasHapus
  32. A L D I WASTE MANAGEMENT

    DIBELI BARANG DENGAN HARGA YANG TERBAIK :

    JERIGEN PUTIH 5L , 10L , 20L , 30L
    JERIGEN ABU 30L
    DRUM PLASTIK 120L , 200L
    DRUM BESI KOSONG
    PIRINGAN CD / DVD
    TUTUP AQUA GALON / TUTUP BOTOL
    BOTOL INFUS
    MINYAK JELANTAH EX RESTO / CATERING / HOTEL , DLL
    OLI BEKAS GENSET
    KOMPUTER SET , CPU , PRINTER , KURSI , FILLING CABINET , BRANKAS , AC 3 PK KEATAS , KONDISI RUSAK
    AKI BEKAS MOBIL / MOTOR / UPS / TOWER BTS
    TEMBAGA LIDI KUPAS / NON KUPAS
    BIJI PLASTIK PET POLYESTER *
    KULIT KABEL “PE GILA” , PVC UDAH GILING , PP HITAM , PP NATURAL ,
    PC GALON , DLL *
    AIR FIXER BEKAS *
    MCB / KONTAKTOR / BREAKER / RELAY / PCB
    PLASTIK KEYBOARD
    PLASTIK EX RONTGEN
    FILM EX OFFSET ( + / - )
    PAPAN JALUR
    FILM NEGATIF , FILM POSITIF KORAN


    GELAS PLASTIK PP UKURAN 8 – 30oz ( BARU )*
    GELAS KERTAS 6 – 20oz ( BARU )*
    HANGER BAJU HITAM *
    RINSO CURAH *
    SUSU KENTAL MANIS FRISISAN FLAG ( SACHET / KALENG )
    ROYCO (KADAR)
    INDOMIE SOTO & GORENG ( BARU / KADAR )
    SABUN MANDI BATANGAN / CAIR ( DETTOL , DLL ) *
    ODOL PEPSODENT
    SOFFEL (LOTION ANTI NYAMUK)
    MINYAK ANGIN *
    PEMBERSIH LANTAI SACHET
    KOREK API GAS (TOKAI , DLL)
    BATU BATERAI AA / AAA
    SANDAL ANAK2 / DEWASA *
    SEPATU ANAK2 / DEWASA *
    KERTAS NASI *
    MIE / SOUN / BIHUN / ROTI KADALUARSA *
    LAKBAN PUTIH / COKLAT *
    SARDEN MACKAREL MERK “BOTAN / MAYA”
    ANEKA SUSU BUBUK KADALUARSA (KALENG / NON KALENG) *
    SERBA MARGARIN CUP / SACHET / KILOAN ( BARU / KADALUARSA ) *
    SERBA ATK *
    SERBA PERABOT ( PIRING , SENDOK , GELAS , MANGKUK , KUALI , WAJAN , PANCI , SAPU LIDI , SAPU PLASTIK ) *
    KRAN DISPENSER *
    DLL DLL DLL DLL

    CATATAN :
    - SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG
    - HANYA MELAYANI PEMBAYARAN TUNAI
    - ALAMAT JELAS & LENGKAP DIBERITAU
    - TIDAK MELAYANI INFO / JUDUL SAJA
    - BARANG SUDAH SIAP JUAL
    - TIDAK MELAYANI TANYA – JAWAB HARGA
    - SAMPEL HARUS ADA ( TANDA * )

    HUBUNGI:

    TELP / SMS / WHATSAPP
    ( 089650091317 )
    ANOM & TEAM

    BalasHapus
  33. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
    SELURUH INDONESIA
    DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
    CASH / TUNAI

    DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

    SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

    0812 9598 1587

    galeripojokplastik.blogspot.co.id

    BalasHapus
  34. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
    SELURUH INDONESIA
    DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
    CASH / TUNAI

    DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

    SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

    0812 9598 1587

    galeripojokplastik.blogspot.co.id

    BalasHapus
  35. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
    SELURUH INDONESIA
    DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
    CASH / TUNAI

    DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

    SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

    0812 9598 1587

    galeripojokplastik.blogspot.co.id

    BalasHapus
  36. RHalo Boss. To the point aja ya, Boss mau beli bahan cacahan plastik (banyak macam, tergantung permintaan) stock banyak. Klo tertarik tolong hubungi 082125789266 daerah jawa, jabotabek. Bilang saja dari tedy terima kasih

    Ps. Bahan plastik juga bisa ditanya, ada stock jg

    BalasHapus
  37. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
    SELURUH INDONESIA
    DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
    CASH / TUNAI

    DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

    SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

    0812 9598 1587

    galeripojokplastik.blogspot.co.id

    BalasHapus
  38. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? Mendapatkan pinjaman senilai $ 5.000 sampai $ 500.000.000 sekarang dan menghidupkan kembali bisnis Anda, Kami adalah kreditur yang dapat diandalkan dan kami memprakarsai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan untuk hak istimewa yang kurang memungkinkan mereka membangunnya sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka di tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami via email: (gloryloanfirm@gmail.com). Isi formulir Informasi Peminjam di bawah ini:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: _______
    Durasi pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Mohon mengajukan permohonan untuk perusahaan yang sah.

    BalasHapus
  39. KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
    SELURUH INDONESIA
    DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
    CASH / TUNAI

    DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

    SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

    0812 9598 1587

    galeripojokplastik.blogspot.co.id

    BalasHapus
  40. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seorang dokter medis yang mengagumkan atas nama Dr Collins Raphael yang telah membuat keluarga saya dan saya bangga atas kepercayaan dan urgensi, dia membeli salah satu ginjal saya untuk pasiennya dengan jumlah uang yang luar biasa dalam dolar, saya menemukan Alamat email di internet sebagai doctorcollins3@gmail.com yang diterbitkan oleh salah satu Michel dan Lopez berterima kasih padanya dan mengatakan kepada dunia tentang bagaimana dia melakukan penyelamatan finansial mereka sebagai hasil dari membeli ginjal mereka tanpa tekanan, saya segera menerapkannya melalui email dan saya Dengan semua perhatian yang saya butuhkan oleh Dokter dalam waktu kurang dari seminggu, saya memenuhi semua persyaratan, dan setengah uang saya seperti mimpi saat memasuki rekening bank saya sebelum transplantasi, saya mendorong Anda untuk menghubungi Dr.Collins via; Doctorcollins3@gmail.com untuk kedahsyatan finansial Anda untuk datang melalui seperti saya beberapa bulan yang lalu. Saya berjanji untuk melakukan ini ketika saya akhirnya skala melalui.
    Doctorcollins3@gmail.com
    Saya chanchai Chakrii.
    Dari Indonasia

    BalasHapus
  41. Belajar ber ikrar mnjdi pembisnis yg sukses dngn daur ulang plastik

    BalasHapus
  42. Belajar ber ikrar mnjdi pembisnis yg sukses dngn daur ulang plastik

    BalasHapus
  43. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  44. Salam pembuka!
    Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

    setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

    Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

    Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa karena menggunakan Ibu Glory untuk mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya adalah pemilik bisnis saya yang bangga, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan.

    BalasHapus
  45. Baik Kabar
    Nama saya SUFRIDHA TRISUCI, warga Indonesia, dari Medan kota. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan crutial disarankan untuk semua warga negara indonesia yang mana untuk mencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, Beberapa kreditur ada disini untuk menipu orang dan merobek uang hasil jerih payah mereka tapi Ibu Glory perusahaan berbeda
    Beberapa bulan yang lalu, saya sangat membutuhkan pinjaman tapi bank tidak dapat menawarkan saya, karena mereka memerlukan agunan yang nyata, yang tidak dapat saya menyediakan. Saya memutuskan untuk mengajukan online pinjaman dan Saya ditipu sekitar 200 juta, mencoba untuk membayar biaya tak berujung mereka yang saya tidak pernah tahu itu semua bohong dan cara mereka menipu orang-orang yang tidak bersalah yang membutuhkan pertolongan. Aku hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Glory, pemilik sebuah GLORY PINJAMAN PERUSAHAAN, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp950,000,000 dalam waktu kurang dari 6 jam dari pengolahan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu Glory mentransfer kredit saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

    Saya memutuskan untuk mengingatkan dan berbagi kesaksian saya tentang Ibu Glory, sehingga orang-orang dari Medan dan Indonesia bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: sufridhatrisuci12@gmail.com dan Bu dewi Rumapea yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga menerima pinjaman dia dari Ibu Glory. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: dewiputeri9@gmail.com Sekarang, saya seorang pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Allah SWT terus memberkati Ibu Glory untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan bahwa keluarga saya.

    BalasHapus
  46. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

    BalasHapus
  47. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  48. kabar baik!!!!

    Hello All, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu. dan fraudstars banyak kreditor kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang nyata dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dikeluarkan tanpa meminjam dari perusahaan mereka, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya. yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp400.000.000 dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak peduli berapa umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin menyarankan agar setiap orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com
    Dan Anda bisa mengikuti Mr dangote on instagram untuk lebih jelasnya di dangoteloancompany

    BalasHapus
  49. Sepotong informasi ini adalah tentang kebiasaan baik dan perbuatan baik dari Perusahaan Pinjaman Adriana Malkova. Siapa sangka seseorang seperti Adriana Malkova tidak ada sampai saya menemukan salah satu iklan online mereka. Dia adalah malaikat yang dikirim dari atas. Saya Setyono Putro dan inilah yang Adriana Malkova lakukan dia menawarkan apa yang tidak dimiliki orang lain. Saya adalah pemilik bisnis yang menjadi hutang besar dengan Bank dan saya mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman tapi tidak ada yang berjalan dengan baik. Sebaliknya, mereka membawa saya ke hutang lebih banyak dan akhirnya meninggalkan saya 'jadi saat itulah saya bertemu dengan Adriana Malkova. Dia menawari saya pinjaman sebesar Rp 500.000.000 dengan suku bunga 2% bahkan ketika pada awalnya saya takut dia akan berakhir seperti perusahaan pinjaman lain yang saya coba pinjaman dari, tapi saya terkejut dia tidak seperti mereka. Sekarang saya akhirnya menyelesaikan hutang saya dan bisnis saya stabil dengan uang yang tersisa dalam pinjaman. Hubungi Adriana Malkova via e-mail. adrianamalkovaloan@gmail.com, atau Anda bisa menghubungi saya melalui e-mail saya jika Anda ingin tahu lebih banyak: putroholdins@gmail.com

    BalasHapus
  50. Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

    Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel Bakery, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati Lady jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja bahwa saya mempunyai Ide bagus untuk memulai bisnis sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka sebesar jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor. Sepeda, yang membuat saya merasa kecewa

    Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan menipu dan menipu, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

    Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

    Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doaku dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer ke saya tanpa masalah.

    jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    BalasHapus
  51. ayo jangan lewati promo menarik kami
    ada promo bonus deposit member baru
    dan jackpot singapore

    info layanan Kami :
    BBM : D8E23B5C
    WHAT APPS : +85581569708
    LINE : togelpelangi
    WE CHAT : togelpelangi
    LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET

    New game : live togel !

    BalasHapus
  52. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  53. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan Simpan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    seorang neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutangmu? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600.000,00 $ dan di atasnya. Semua donatur yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu-ragu untuk menghubungi kami sebagaimana kami mau
    Tentu pastikan kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan Anda
    senang berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  54. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  55. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk mewujudkan semua rekan saya INDONESIAN. yang telah terjadi, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Ini adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda ingin. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  56. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  57. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang Franca Smith Loan Company di salah satu blog saya menghubungi franca smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  58. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  59. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  60. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  61. DOGI HANDYCRAFT TEKNIK DAN WASTE ..

    KAMI beli barang anda , berupa :
    -film positif
    -film negatif
    -klise foto 25-35mm yg belum pernah dipakai
    ( Belum ad gambar )
    -film percetakan poster
    -film majalah
    -film koran
    -film buletin
    -film ex rontgen
    -film ex perusahaan pertambangan
    -sendok ex maskapai penerbangan ( yg ad silver coating )
    -kontaktor rusak
    -breaker rusak
    -air fixer
    -mesin hp cina / samsung dsb ( harus dipisah )
    -papan jalur
    -plastik keyboard
    -micron
    -minyak jelantah
    -autan / soffell
    -Serba komputer / server / pabx / processor dll
    -serba jerigen ukuran 5L , 20L , 30L , drum plastik 100L & 200L
    -drum besi 200L kondisi lengkap
    -aki rusak bekas mobil , motor , truk , forklift , tower telkom
    -serba kertas duplex , hvs , dsb ukuran plano
    -serba biji plastik sudah giling / belum digiling , kulit kabel jenis PE GILA , PVC
    -limbah lain nya

    Dibeli uang :
    * pecahan rp.100.000 polimer tahun 1999 :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    - kirim gambar lengkap
    - Sebutkan seri 3 huruf depan nya
    - jumlah minimal 1 brut
    - nomor seri uang berurutan

    *pecahan rp.100 perahu layar tahun 1992 / 1992 :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    - tulisan "perahu layar"
    - nomor seri uang dari kecil ke besar

    *euro salaman pecahan $1.000.000 edisi tahun 2015 polimer :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    -harus ada sertifikat asli

    *euro gedong panjang pecahan $1.000.000 edisi tahun 2015 polimer :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    -harus ada sertifikat asli

    ***Syarat nya :
    -tidak melayani tanya jawab harga apapun
    -kirim gambar lengkap
    -sebut harga jual langsung

    Jangan tawarkan barang kpd sy :
    -tanah
    -rumah
    -kapal
    -besi
    -kendaraan
    -gedung
    -pabrik
    -mall

    Dijual barang :

    - kayu gaharu jenis AB , CHIPS , SERBUK , KEMEDANGAN , DEKOR , GAHARU FOSIL , dsb untuk kebutuhan export , bibit minyak wangi , dupa , dll..
    **KAPASITAS SUPPLY MULAI 20KG SAMPAI 1 TRUK FUSO
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )..

    -serba ban bekas kendaraan umum / alat berat , dsb kondisi apa adanya & sudah dibelah 2..
    **Kapasitas supply 10-20 ton per 1 x kirim
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )

    -kaleng bekas minuman pocari sweat , larutan kaki 3 , sprite , dsb..
    **KAPASITAS SUPPLY 100 TON PER 1 BULAN
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )

    catatan : Hanya harga barang yg cocok dibeli ssuai bidang sy

    Salam sukses untuk semuanya..

    HUBUNGI SEGERA VIA SMS / CALL / WHATSAPP :

    089650091317
    BENI
    BSD - TANGERANG

    BalasHapus
  62. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  63. Mba Umi salam kenal.

    Mohon pencerahannya, bahan plastik yang akan saya olah menjadi biji plastik ada kendala yaitu bahan plastik berasal dari perusahaan printing kemasan dan sampah plastik nya sdh dicercah/dicincang kecil2, sehingga plastik sdh bercampur dgn plastik yg ada aluminium foilnya. Maka kendalanya adalah palstik yg ada aluminium foil yg telah dicincang kecil2.
    Yang saya ingin tanaya :
    1. Bgm cara sortir/memisahkan plastik daun dgn plastik ada foilnya
    2. Apakah ada mesin yang dapat memproses plastik yang bercampur foil dan hasilnya atau outputnya menjadi biji plastik dan biji foil

    Mohon dibantu Umi. Tks

    BalasHapus
  64. deskripsi perusahaan : cv.arya putra mandiri adalah perusahaan swasta/perorangan yang bergerak dibidang packing material industry berdiri sejak tahun 1998 dan berkembang pesat sampai saat ini dengan kualitas terjamin dan bermutu kami sudah dipercayai dengan beberapa perusahaan di indonesia yang memerlukan packing menggunakan jumbo bag seperti pabrik: arang sawit, pasir, pasir besi, limbah, plastic recyle, pasir silica, soda ash, sodium, gula, tepung, dan lainya dengan ditambah legalitas company profil kami yang lengkap dan resmi, untuk anda yang ingin membutuhkanya bisa langsung hubungi contact kami dan alangkah lebih baik nya jika cocok dengan product jumbo bag ini kita bertemu langsung di gudang kami, dan jangan khawatir jika anda yang berada diluar pulau karena kami sudah berpengalaman pengiriman antar pulau seperti: kalimantan, batam, pekanbaru, jambi, pontianat, tarakan, makasar, palu, NTB, NTT, papua, dan lainya.
    product jumbo bag (bekas) : bekas biji plastic, pet resin, sodium sulfate, soda ash, soda dense, gula rafinasi, ex tapioca, ex melamine, ex semen sudah cuci, ex kapur sudah cuci dan lainya yang tidak akan terkontaminasi dengan bahan yang disi kedalam jumbo bag tsb.
    size jumbo bag: 1000kg: 90 90 100, 90 90 105-130, 100 100 100-120.
    500kg: 90 90 60, 90 90 70, 90 90 65, 85 85 60, 85 85 70.
    2000kg: 90 90 200, 100 100 180
    ~ KEPUASAN KONSUMEN ADALAH NOMOR 1 BAGI KAMI DENGAN MENYEDIAKAN BARANG YANG BERKUALITAS :)

    Cv.Arya putra mandiri
    untuk lebih jelasnya Hubungi kami Bpk.Fikri Efrido
    Contac person :
    Tlp/wa : 082118294180
    Tlp : 081278692200

    BalasHapus