Kamis, 06 Februari 2014

Tulang-tulang Anggota Gerak Atas (Tangan)
Pernahkah kalian memperhatikan orang yang menderitaa patah tulang, misalnya patah tulang tangan atau kaki. Orang tersebut pasti tidak dapat bergerak bebas, bahkan tidak dapat sama sekali menggerakkan tangan atau kakinya. Jika dipaksa digerakkan, maka pasti terasa sakit yang amat sangat. Jadi, rangka berfungsi membantu tubuh untuk bergerak.
Coba gerak-gerakkan jari-jari tangan dan kakimu! Gerakkan juga lenganmu ke atas seperti gerakan orang mengangkat dan gerakkan kakimu ke depan seperti gerakan orang menendang. Mengapa kamu dapat menggerakkannya
dengan lincah? Ujung jari-jari, tangan, dan kakimu dapat bergerak lincah karena ditopang oleh tulang. Selain membantuk bergerak, rangka kaki juga berfungsi menopang berat tubuh.
Tulang-tulang Anggota Gerak Bawah (Tungkai)
Rangka anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai). Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan), yaitu: tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang ruas-ruas jari. Tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai), yaitu: tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulang tempurung lutut, tulang telapak kaki, tulang pergelangan kaki, dan tulang ruas-ruas jari.






Semoga bermanfaat.

Salam IPA J

1 komentar: