Bahasa Indonesia Kelas V SD
Bentuk
percakapan dengan maksud tertentu yang dilakukan dua pihak (pewawancara dan
orang yang diwawancarai) dinamakan wawancara. Ketika menjadi pewawancara, kamu
mengajukan pertanyaan kepada orang yang diwawancarai. Kegiatan ini sering
dilakukan oleh seorang wartawan atau reporter media pemberitaan. Kamu pun dapat
melakukan wawancara mengenai suatu hal dengan orang yang kamu anggap tepat.
Tujuan
wawancara adalah untuk mengungkapkan pendapat tokoh atau narasumber tentang
suatu hal. Misalnya, untuk mengetahui manfaat mendongeng, kamu harus
mewawancarai ahli dongeng.
Sebelum
melakukan wawancara, kamu harus
tahu cara menggunakan kata tanya yang tepat. Perhatikanlah keterangan berikut.
tahu cara menggunakan kata tanya yang tepat. Perhatikanlah keterangan berikut.
Kata Tanya
|
Kegunaan
|
Apa
|
Menanyakan hal atau
benda
|
Siapa
|
Menanyakan orang
|
Dimana
|
Menanyakan tempat
berada
|
Mengapa
|
Menanyakan sebab
|
Bagaimana
|
Menanyakan keadaan
|
Kapan
|
Menanyakan waktu
|
Berikut ini contoh
wawancara dengan Kak Kusumo Priyono. Ia dikenal sebagai “si Raja Dongeng”.
Pewawancara:
“Terima kasih, Kak Kusumo atas
kesempatan wawancara ini. Oya, nama saya Indah Meilani. Saya ingin tahu soal
dongeng. Menurut Kak Kusumo, apakah manfaat mendongeng itu?”
Kak
Kusumo:
“Kegiatan mendongeng bermanfaat
untuk mempererat ikatan dan komunikasi antara anak dan orang tua.”
Pewawancara:
“Selain manfaat itu, adakah
manfaat lain dari mendengarkan dongeng?”
Kak
Kusumo:
“Cerita atau dongeng merupakan
alat yang bagus untuk menanamkan berbagai nilai budi pekerti. Misalnya, nilai
kejujuran, rendah hati, kesetiakawanan, kerja keras, dan nilai baik lainnya.”
Pewawancara:
“Apakah kegiatan mendongeng ada
hubungannya dengan kegiatan membaca?”
Kak
Kusumo:
“Betul sekali! Setelah tertarik
pada berbagai dongeng yang diceritakan orangtuanya, si anak akan mulai tertarik
dengan buku.”
Pewawancara:
“Menurut Kak Kusumo, berapa
lama sih, waktu yang dibutuhkan untuk
mendongeng?”
Kak
Kusumo:
“Orang tua atau orang dewasa
hendaknya dapat meluangkan waktu untuk mendongeng kira-kira 15 – 20 menit untuk
satu cerita. Untuk anak-anak yang lebih kecil atau usia TK, bahkan kurang dari
itu sebab terlalu lama bercerita pun anak cenderung bosan.”
Pewawancara:
“banyak sekali yang saya dapat
dari penjelasan Kak Kusumo. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas
kesempatan berwawancara dengan Kakak.”
Sumber: Bali Post Minggu, 4 September 2005
Latihan Soal
Jawablah
pertanyaan berikut.
- Pewawancara ingin tahu manfaat dongeng. Kata Tanya yang tepat untuk hal itu adalah ….
- Seandainya kamu yang mewawancarai Kak Kusumo, kata Tanya yang tepat untuk menanyakan cara mendongeng adalah ….
- Kak Kusumo senang mendongeng sejak kecil. Kata Tanya yang tepat untuk menanyakan hal tersebut adalah ….
- Kamu ingin tahu saat Kak Kusumo pertama kali mendongeng. Kata Tanya yang kamu gunakan adalah ….
- Kamu ingin tahu alasan Kak Kusumo memilih menjadi pendongeng. Kata Tanya yang tepat untuk hal itu adalah ….
Kunci Jawaban.
- Menurut Kak Kusumo, apakah manfaat mendongeng itu?
- Menurut Kak Kusumo, bagaimana cara mendongeng yang baik itu?
- Sejak kapan Kak Kusumo senang mendongeng?
- Seperti apakah Kak Kusumo saat pertama kali mendongeng?
- Mengapa Kak Kusumo memilih menjadi pendongeng?
Sumber:
Edi
Warsidi dan Farika. 2008. Bahasa
Indonesia Membuatku Cerdas 5: untuk Kelas V Sekolah Dasar dan Madrasah
Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Baca juga:
0 komentar:
Posting Komentar