Sabtu, 19 Oktober 2013


Bahasa Indonesia Kelas V SD

Bentuk percakapan dengan maksud tertentu yang dilakukan dua pihak (pewawancara dan orang yang diwawancarai) dinamakan wawancara. Ketika menjadi pewawancara, kamu mengajukan pertanyaan kepada orang yang diwawancarai. Kegiatan ini sering dilakukan oleh seorang wartawan atau reporter media pemberitaan. Kamu pun dapat melakukan wawancara mengenai suatu hal dengan orang yang kamu anggap tepat.
Tujuan wawancara adalah untuk mengungkapkan pendapat tokoh atau narasumber tentang suatu hal. Misalnya, untuk mengetahui manfaat mendongeng, kamu harus mewawancarai ahli dongeng.
Sebelum melakukan wawancara, kamu harus
tahu cara menggunakan kata tanya yang tepat. Perhatikanlah keterangan berikut.
Kata Tanya
Kegunaan
Apa
Menanyakan hal atau benda
Siapa
Menanyakan orang
Dimana
Menanyakan tempat berada
Mengapa
Menanyakan sebab
Bagaimana
Menanyakan keadaan
Kapan
Menanyakan waktu

Berikut ini contoh wawancara dengan Kak Kusumo Priyono. Ia dikenal sebagai “si Raja Dongeng”.

Pewawancara:
“Terima kasih, Kak Kusumo atas kesempatan wawancara ini. Oya, nama saya Indah Meilani. Saya ingin tahu soal dongeng. Menurut Kak Kusumo, apakah manfaat mendongeng itu?”
Kak Kusumo:
“Kegiatan mendongeng bermanfaat untuk mempererat ikatan dan komunikasi antara anak dan orang tua.”
Pewawancara:
“Selain manfaat itu, adakah manfaat lain dari mendengarkan dongeng?”
Kak Kusumo:
“Cerita atau dongeng merupakan alat yang bagus untuk menanamkan berbagai nilai budi pekerti. Misalnya, nilai kejujuran, rendah hati, kesetiakawanan, kerja keras, dan nilai baik lainnya.”
Pewawancara:
“Apakah kegiatan mendongeng ada hubungannya dengan kegiatan membaca?”
Kak Kusumo:
“Betul sekali! Setelah tertarik pada berbagai dongeng yang diceritakan orangtuanya, si anak akan mulai tertarik dengan buku.”
Pewawancara:
“Menurut Kak Kusumo, berapa lama sih, waktu yang dibutuhkan untuk mendongeng?”
Kak Kusumo:
“Orang tua atau orang dewasa hendaknya dapat meluangkan waktu untuk mendongeng kira-kira 15 – 20 menit untuk satu cerita. Untuk anak-anak yang lebih kecil atau usia TK, bahkan kurang dari itu sebab terlalu lama bercerita pun anak cenderung bosan.”
Pewawancara:
“banyak sekali yang saya dapat dari penjelasan Kak Kusumo. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan berwawancara dengan Kakak.”
Sumber: Bali Post Minggu, 4 September 2005


Latihan Soal
Jawablah pertanyaan berikut.
  1. Pewawancara ingin tahu manfaat dongeng. Kata Tanya yang tepat untuk hal itu adalah ….
  2. Seandainya kamu yang mewawancarai Kak Kusumo, kata Tanya yang tepat untuk menanyakan cara mendongeng adalah ….
  3. Kak Kusumo senang mendongeng sejak kecil. Kata Tanya yang tepat untuk menanyakan hal tersebut adalah ….
  4. Kamu ingin tahu saat Kak Kusumo pertama kali mendongeng. Kata Tanya yang kamu gunakan adalah ….
  5. Kamu ingin tahu alasan Kak Kusumo memilih menjadi pendongeng. Kata Tanya yang tepat untuk hal itu adalah ….

Kunci Jawaban.
  1. Menurut Kak Kusumo, apakah manfaat mendongeng itu?
  2. Menurut Kak Kusumo, bagaimana cara mendongeng yang baik itu?
  3. Sejak kapan Kak Kusumo senang mendongeng?
  4. Seperti apakah Kak Kusumo saat pertama kali mendongeng?
  5. Mengapa Kak Kusumo memilih menjadi pendongeng?

Sumber:
Edi Warsidi dan Farika. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas 5: untuk Kelas V Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.





Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar