Jumat, 30 Agustus 2013

Saat ini tidaklah sedikit kasus kejahatan yang berawal dari dunia maya. Tak jarang, raksasa jejaring sosial Facebook menjadi media yang digunakan oleh pelaku kriminal untuk mencari calon korbannya. Jadi, sangatlah penting bagi kita untuk menjaga baik-baik profil Facebook kita masing-masing. Berikut terdapat lima tips yang bisa kita lakukan, antara lain:

Tak Sembarangan Sebar Profil Pribadi
Hal ini sangat penting agar tidak sembarang orang dapat melihat profil kita. Caranya, klik ikon pengaturan yang ada di pojok kanan layar. Kemudian pilih Privacy Setting dan pilih ‘Privacy’. Kemudian muncul jendela Privacy Settings and Tools dan kita pun bisa mengatur siapa saja yang diperbolehkan melihat profil kita. Adapun pilihan yang tersedia antara lain Public, Friends, Only you, dan Custom.
Jika ingin membatasi posting-an lama untuk dilihat oleh teman-teman kita di Facebook, maka kita dapat mengklik Activity Log atau bisa memilih ‘Limit the audience for old posts on your timeline’. Sehingga, semua posting-an kita hanya dapat dilihat oleh teman-teman terdekat.

Kendalikan Facebook
Dalam Privacy Setting and Tools, kita juga bisa memilih siapa saja yang dapat menghubungi kita. Secara default, ini dibentuk untuk memungkinkan teman-teman dan orang-orang yang kita kenal untuk dapat mengirimkan pesan pribadi melalui kotak masuk di situs.

Selain itu, kita juga bisa membatasi siapa saja yang dapat mengirimkan Friend Request. Secara default, siapa saja bisa mencoba untuk berteman dengan kita di Facebook, tetapi jika kita lebih suka untuk membatasinya maka kita dapat mengubah pengaturannya. Sehingga, hanya teman dari temannya Anda (mutual friends) yang dapat menambahkan Anda sebagai temannya.

Membatasi Orang Masuk
Pilihan terakhir dari fitur Privacy Settings and Tools ini juga memungkinkan kita untuk mengontrol siapa saja yang dapat menemukan kita melalui pencarian dengan alamat email atau nomor telefon.
Pilih ‘Who can look me up?’ lalu klik Edit di sebelah baris “Who can look you up using the email address or telephone number you provided?”, maka kita dapat memilih ‘Friends of friends’ atau ‘Friends’ saja.

Mengatur Pemberitahuan Login
 
Saat ini Facebook dapat mengirimkan pesan peringatan setiap kali ada orang yang berusaha mengakses akun kita secara sembarangan dari komputer atau perangkat lain yang tidak dikenal. Untuk melakukannya, kita dapat memilih ‘Security’ pada baris kedua dalam Privacy Settings. Kemudian, klik Edit di samping notifikasi Login dan pilih apakah kita ingin menerima email atau pesan teks. Selanjutnya, klik Save Changes.

Aktifkan Persetujuan Login

Setiap kali kita mengakses akun Facebook melalui browser, kita bisa mengatur raksasa jejaring sosial tersebut untuk mengirim kode ke ponsel kita yang diperlukan untuk bisa Login.
Cukup dengan navigasikan kursor Anda ke ‘Lohin approvals’ dan klik Edit. Kemudian centang kotak ‘require a security code to access my account from unknown browsers’. Klik ‘Save Changes’.

0 komentar:

Posting Komentar